Jumat, 20 Mei 2016

"Hujan - Tere Liye"

Akhirnya, satu lagi novel karya Tere Liye setelah "Daun yg Jatuh Tak Pernah Membenci Angin" sekarang novel "Hujan" ini yg bener bener membawa pembaca bisa ikut merasakan maksud dari ceritanya. Ini novel Tere Liye yg menurut saya sebagai pembaca memiliki bahasa ringan tidak seperti "Rindu" yg menurut saya berat untuk dibaca.
"Hujan" menceritakan jaman 10 atau puluhan tahun lagi terhitung sekarang di tahun 2016, dimana sudah tersedia teknologi2 canggih dan sangat canggih. Namun kecanggihan itu membuat manusia semakin rakus dan lupa terhadap alam. Hingga bencana pertama tiba letusan gunung yg super dahsyat seperti Gunung Krakatau, yg memunahkan sebagian besar manusia di dalamnya. Tidak semuanya menceritakan kerakusan manusia, ada tokoh utamanya Lail dan Esok dimana mereka dipertemukan ketika hendak menyelamatkan diri dari lorong kereta bawah tanah yg hancur ketika gempa susulan datang. Lail saat gunung merapi meletus berusia 13 tahun yg kehilangan ayah dan ibunya karena bencana besar tersebut. Beruntung ada Esok yg berusia 15 tahun menyelamatkannya dan awal kisah itupun bermulai.
"Hujan", tentang persahabatan, tentang cinta, tentang perpisahan, tentang melupakan dan tentang hujan. Karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yg turun dari langit? Hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya (halaman 201). Ada orang orang yg kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar menetap dihati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini selalu ada misteri yg tidak bisa dijelaskan. Menerimanya justru membawa kedamaian (halaman 255). Bukan seberapa lamaumat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagian, tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat semua hal menyakitkan yg mereka alami (hal 317). Bukan melupakan yg jadi masalahnya. Tapi menerima. Barangsiapa yg bisa menerima, dia tidak akan pernah bisa melupakan (halaman 318).
RECOMENDED NOVEL BUAT YG SUKA BACA NOVEL !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar